Festival Sagarurung 2023 Dimeriahkan Artis Ibukota

Daerah, Pali1544 Dilihat

PALI, SUMSELJARRAKPOS – Salah satu kuliner ciri khas Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir ( PALI) yang termasuk kewilayah Provinsi Sumatera Selatan,adalah masakan Ikan Sagarurung,dan telah dipatenkan di Bumi Serepat Serasan ini, sebagai makanan ciri khasnya.

Ikan Sagarurung sendiri dimasakan menggunakan perasapan baik secara tradisional mau dengan cara modern,tak jauh berbeda cara memasaknya dengan ikan salai kebanyakkan,namun ikan Sagarurung memiliki perbedaan khusus dibumbu dan cita rasanya, yang terkenal sangat terasa lezat dan nikmat.
Dan untuk terus memperkenalkan masakan ikan Sagarurung ke kayak luar, Pemkab PALI melalui Dinas Koperasi dan UKM menggelar Festival Sagarurung ke – 2 tahun 2023 di halaman kantor Camat Abab, desa Betung, Sabtu (28/10/23).
Raden Rohman, selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dalam kata sambutannya selain memberikan penjelasan tentang giat festival ini, ia juga menyebutkan bahwa putra dan putri asal PALI sangat berpotensi menjadi pemimpin dimasa yang akan datang.
“Kita wajib bangga mempunyai Kabupaten PALI,walaupun terhitung Kabupaten yang masih muda, telah banyak menghadirkan pemimpin-pemimpin muda yang akan jadi stok,baik pemimpin Kabupaten,pemimpin Provinsi, maupun pemimpin Nasional,” kata Rohman dalam salah satu penyampaiannya dalam acara Festival Sagarurung Ke-2.
Sebagai kilas balik,banyak sudah PALI melahirkan para pemimpin yang baik lanjutnya,diantaranya seperti Mantan Bupati Muara Enim Nang Ali Solihin kemudian Drs. Ali Zaman M Nur, kemudian ada Kolonel Anwar Mahakil dan lain-lainnya.
“Mereka itu semua adalah putra putri terbaik yang berasal dari PALI,”ujar Rohman menambahkan.
Selain itu, ia pun meyakini bahwa suatu saat nanti putra-putri asal Kabupaten PALI akan menjadi pemimpin dimasa depan.
“Dan jangan merasa heran,jika nantinya putra-putri PALI akan memimpin Sumatera Selatan di 2024 yang akan datang,jadi jangan kaget jika kelak ada putra-putri terbaik PALI yang siap memimpin Sumatera Selatan, karena pada dasarnya PALI gudang pemimpin masa depan,” tegas Rohman.
Sebelumnya,saat menyampaikan laporan kegiatan,ia mengatakan atas kerjasama bank Sumselbabel dan pemerintah kabupaten PALI, pihaknya dapat melauching program Ikan Asap dan merupakan program KUR bunga nol persen untuk pelaku UKM.
“Pada kegiatan ini,ijinkan kami menyampaikan laporan tentang penyelenggaraan kegiatan Sagarurung Festival 2023,yang dilaksanakan pada hari ini dengan melaunching beberapa program yakni kami singkat sebagai ‘Ikan Asap’, yakni Isentif Kredit Angsuran Pelaku UKM atau Subsidi KUR Bunga Nol Persen kerjasama bank Sumselbabel dengan pemerintah  kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir,” jelas Rohman.
Menurut Rohman, tujuan dari pelaksanaan Festival Sagarurung 2023 ini untuk memberdayakan pelaku UKM di kabupaten PALI dengan melaunching dan pencanangan program KUR subsidi bunga nol persen membantu pelaku UKM dalam pendanaan modal usaha,dimana pinjaman subsidi dan bunganya akan dibayar oleh pemerintah kabupaten PALI.
“Pelaku usaha hanya membayar pokok pinjaman saja,” terang Rohman.
Rohman mengatakan event ini merupakan agenda tahunan Dinas Koperasi dan UKM kabupaten PALI  untuk mendukung visi misi Bupati dan wakil bupati Penukal Abab Lematang Ilir yakni PALI Serasi Nia.
Selain itu dirinya menuturkan,bahwa tahun 2023 ini pihaknya  mengangkat kuliner yang sudah populer dikalangan masyarakat kabupaten PALI.
“Pada tahun kemarin kami mengangkat Ikan Sagarurung, pada event kali ini kami mengangkat ‘Miso,” tutur Rohman.
Kemudian Rohman menyampaikan rangkaian kegiatan yang laksanakan pada hari kemarin, ada  beberapa lomba yang diselenggarakan untuk memeriahkan Festival Sagarurung 2023, yakni lomba fashion show 3R, lomba mewarnai tingkat Paud, lomba menyanyi, makan Miso bersama, jalan santai yang dikuti masyarakat kecamatan Abab berjumlah dari 3,000 peserta.
Selain itu, pihaknya juga mengadakan lomba masak ikan khas  daerah PALI yang diikuti utusan kecamatan,kemudian untuk menghibur para tamu undangan dan masyarakat PALI, pihaknya  menghadirkan menghadirkan artis dangdut ibu kota.
“Mbak Wulan nanti akan menghibur kita semua,” tutup Rohman.
Seperti diketahui, sejak dipercaya bupati PALI menjadi Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Rohman langsung tancap gas menjalankan visi dan misi Bupati PALI dengan menginisiasi event tahunan yaitu Festival Sagarurung.
Setelah sukses menggelar Festival Sagarurung tahun lalu di kota Pendopo kecamatan Talang Ubi, tahun 2023 ini Rohman kembali menggelar Festival Sagarung di desa Betung kecamatan Abab.
Tampak hadir dalam kesempatan itu, Bupati PALI diwakili Wakil Bupati PALI, Drs. H. Soemarjono, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Selatan, Amirudin, Kapolres PALI, AKBP Kahiru Nasrudin, Kajari PALI diwakili Kasubagdin, Febri, Dandim o4o4/Muara Enim diwakili Danramil Talang Ubi, Kapten Inf Narko, Kepala BSB Pusat diwakili Kabid Management Aset Khusus, Dedi Wahyudi, Camat Abab, Razullik, dan para Kepala OPD PALI.