Jembatan di Desa Sungai Ibul Amblas, Wabup PALI: Perusahaan Harusnya Sigap Bantu Pemerintah

Daerah, Pali602 Dilihat

PALI, SUMSELJARRAKPOS – Kondisi jembatan penghubung antar kecamatan di Kabupaten PALI Sumatera Selatan yang letaknya di Desa Sungai Ibul, Kecamatan Talang Ubi saat ini amblas dan mengganggu aktivitas warga.

Amblasnya jembatan penghubung antar kecamatan di Kabupaten PALI tersebut menurut warga setempat sudah berlangsung hampir satu pekan.

“Sudah satu minggu jembatan ini amblas, memang sudah ada dari Pemda PALI dan kepolisian mengecek kondisi jembatan ini, namun belum ada upaya perbaikan,” ungkap Rahasmin,  salah satu warga setempat, Rabu 7 Februari 2024.

Amblasnya jembatan tersebut dikatakan Rahsmin diduga tergerus arus air hujan.

“Cuaca saat ini kerap dilanda hujan deras dan kadang terjadi banjir,” katanya.

Menanggapi kondisi tersebut, Wakil Bupati PALI Drs H.Soemarjono saat memimpin forum konsultasi publik Ranwal RKPD PALI tahun 2025 mengemukakan bahwa perbaikan jembatan tersebut tidak harus mengeluarkan APBD.

“Perusahaan yang lalulalang di jalur tersebut banyak, seharusnya cepat tanggap memperbaiki jembatan itu. Jadi tidak harus mengeluarkan APBD,” ucap wabup.

Karena menurut wabup, jembatan itu terbuat dari pipa besi apabila Pertamina turun tangan pasti cepat selesai.

“Saya minta Dishub untuk segera ajak Pertamina juga perusahaan lainnya berkontribusi memperbaiki jembatan tersebut agar aktivitas warga lancar serta mobilisasi perusahaan juga tidak terhambat,” tegasnya.

Terpisah, Plt Kepala Dishub PALI Kartika Anwar menyatakan siap menggerakkan perusahaan untuk turut andil memperbaiki jembatan yang amblas di desa Sungai Ibul.

“Kami akan tarik perusahaan yang beroperasi di PALI dan kerap melintas di jalur tersebut. Mudah mudahan dapat respon cepat dari mereka (perusahaan). ***