Wujudkan Pesta Demokrasi Berjalan Aman dan Lancar, Pemkab Lahat Gelar Rapat Koordinasi

Daerah, Lahat222 Dilihat

LAHAT, SUMSELJARRAKPOS – Wujudkan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 agar berjalan lancar dan aman, Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Lahat beserta unsur forkompinda Lahat gelar rapat Koordinasi bersama Forkompinda Lahat, Kamis (01/02/24) bertempat di gedung pertemuan Lahat

Pantauan awak Media pelaksanaan kegiatan yang dihadiri oleh PJ Bupati Lahat Muhammad Farid, S.STP., M.Si, Kajari Lahat, PLH Sekda Lahat, Ketua Pengadilan Negeri Lahat, Ketua DPRD Lahat, Kapolres Lahat yang mewakil,

Dandim 0405 Lahat yang mewakili,Ketua Bawaslu Lahat serta yang mewakili, Ketua KPU Lahat serta yang mewakili, Camat Sekabupaten Lahat, Unsur OPD Pemkab Lahat, Anggota PPK, Staf Pegawai Kesbangpol Lahat serta tamu undangan lainnya.

Untuk diketahui bersama pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan umum yang jatuh tanggal 14 Pebruari 2024 yang akan datang serentak di seluruh Indonesia untuk melaksanakan pemilihan Calon Anggota DPRD, DPR, DPR RI ,DPD dan Pemilihan Presiden Republik Indonesia 2024-2029.

Dalam arahannya PJ Bupati Lahat Muhammad Farid, S.STP., M.Si mengucapkan terima kasih  pada seluruh undangan yang sempat hadir dalam kegiatan Rapat Koordinasi Bersama Forkompinda Lahat dalam rangka Menyambut pemilu 2024 yang Tertib aman dan damai

“Pada kesempatan yang baik ini saya ingin menyampaikan ucapan terimakasih kepada unsur forkopimda, Forkomincam, KPU, Bawaslu, PT. PLN dan seluruh elemen mayarakat yang telah hadir pada kesempatan ini.,” Ujar PJ Bupati Lahat dalam sambutannya.

Lebih lanjut dirinya menambahkan Bahwa Kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silahturahmi dan sekaligus melaksanakan tugas pemerintahan dan kemasyarakatan agar senantiasa menjaga kondisi yang kondusif di kabupaten lahat terlebih sebentar lagi kita akan melaksanakan pemilu 2024.

Pemilihan umum (Pemilu) secara esensi merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa.

Pemilu juga merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa, mengenai seberapa jauh nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri bangsa indonesia.

Pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak saudara-saudara, sesuai dengan batasan kewenangan dan bidang urusan masing-masing,

pertama, turut memastikan bahwa pemilu damai tidak semata-mata dimaknai sebagai slogan, melainkan sebagai ikhtiar untuk menciptakan atmosfer yang kondusif selama seluruh rangkaian tahapan pemilu.

Kedua, kita harus sepakat, bahwa menjaga kedamaian selama pemilu adalah tanggungjawab bersama seluruh elemen masyarakat, tanpa terkecuali.

Ketiga, memastikan kesiapan logistik pemilu 2024 sudah tersedia agar pelaksanaan pemilu 2024 berjalan sebagaimana mestinya.

Dan keempat diharapkan seluruh unsur yang terlibat dalam kegiatan kampanye politik dapat menjalankan perannya dengan tanpa mencederai harga diri dan martabat setiap pihak, termasuk lawan politiknya.

Demikian pula, sudah bukan saatnya, masa kampanye diisi dengan kegiatan yang tidak produktif dan berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat.

Dalam menghadapi pelaksanaan Pemilu 2024, Pemkab Lahat, Bawaslu, KPU, Polri, TNI, Partai Politik, Ormas, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, insan pers serta seluruh elemen masyarakat pasti memiliki peran, tugas serta tanggung jawab masing-masing.