Peduli UMKM dan Ojek Wisata Bupati PALI Beri Bantuan Gerobak dan Meja Payung 

Daerah, Pali423 Dilihat

PALI, SUMSELJARRAKPOS – Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), melalui Dinas Koperasi dan UKM merealisasikan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Objek Wisata, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten PALI.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM, berikan bantuan Gerobak dan dua set Meja dan Payung kepada Pelaku UMKM bertempat di Objek Wisata Sungai Biru Desa Betung Selatan, Kecamatan Abab. Kamis (04/01/24).

Bupati PALI Dr Ir H Heri Amalindo MM, melalui Kepala Dinas Koperasi dan UKM Raden Aburoham Spd Mpd dalam sambutannya mengatakan bantuan yang diberikan ini merupakan stimulus terhadap pelaku UMKM di seputaran objek wisata khususnya dalam menyambut awal tahun baru 2024, di mana calon penerima sebelumnya telah melewati serangkaian proses verifikasi dan validasi data yang sangat ketat.

Disamping itu program tesebut merupakan wujud komitmen Bupati PALI Heri Amalindo bersama DPRD Kabupaten PALI sebagi bentuk pedulinya terhadap tempat wisata sekaligus pelaku UMKM yang berjualan di lokasi wisata, yang nantinya diharapkan dapat mendukung kemandirian masyarakat dalam bidang perekonomian.

Lanjutnya mengingat UMKM memiliki dua peran strategis dan fundamental diantaranya yang pertama sebagai sarana pemerataan tingkat perekonomian masyarakat kecil karena berada di berbagai tempat bahkan UMKM menjangkau daerah yang pelosok sehingga masyarakat tidak perlu ke kota untuk memperoleh penghidupan yang layak. Sedangkan yang kedua sarana mengentaskan kemiskinan sebab angka penyerapan tenaga kerja terhitung tinggi.

Pijaknya juga menghimbau para pedagang untuk dapat memanfaatkan bantuan ini dengan maksimal, serta tidak diperjual belikan bantuan yang telah diberikan.

“Alhamdulliah, Bapak Bupati Dr Ir H Heri Amalindo MM sangat peduli terhadap pelaku UMKM pada objek Pariwisata. Ke depan pelaku UMKM yang memiliki usaha di kawasan objek wisata, akan terus di perhatikan,” kata Rohman

Sementara itu salah seorang pedagang Celok mengaku senang saat menerima bantuan gerobak tersebut, yang merupakan pedagang Cilok di Objek Wisata Sungai Biru Desa Betung Selatan, Kecamatan Abab, yang merasa sangat diperhatikan oleh pemerintah.

“Ini pertama kalinya dapat bantuan, jadi merasa diperhatikan oleh pemerintah.” ucapnya wujud sukur kepada Bupati PALI