Dukung Perkembangan UMKM Sumatera Selatan di Tengah Era Disrupsi dan Ketidakpastian, BI Sumsel Selenggaran Semarak UMKM Sriwijaya dan Temu Responden 2023

Ekonomi91 Dilihat

 

PALEMBANG, SUMSEL JARRAKPOS, -Dalam rangka meningkatkan hubungan kemitraan dengan kalangan dunia usaha, perbankan, instansi pemerintah, dan pihak terkait, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan agenda tahunan Semarak UMKM (SERU) Sriwijaya dan Temu Responden 2023 di Ballroom Hotel Arista Palembang pada Jum’at, 17 November 2023.

Kegiatan mengangkat tema “Peran Penting Data dan Informasi Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Bangkit Menuju Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan” ini turut menghadirkan Prof. Rhenald Kasali, Ph.D yang menyampaikan materi terkait “Berkompetisi di Era Disrupsi dan Ketidakpastian” dalam talkshow yang dipandu oleh moderator Feni Rose.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Selatan Ricky P. Gozali, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan perwujudan komitmen Bank Indonesia untuk terus mendukung kemajuan UMKM Sumatera Selatan melalui berbagai kanal bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait.

“Kegiatan ini juga menjadi simbol apresiasi Bank Indonesia kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi secara aktif dan tentunya sebagai wadah untuk semakin memperkuat hubungan kerja sama yang baik antara Bank Indonesia dengan seluruh pihak-pihak terkait.”, sambung Kepala Perwakilan Ricky.

Sepanjang tahun 2023, berbagai kegiatan pengembangan UMKM telah dilaksanakan oleh KPw BI Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan instansi terkait antara lain (i) program Onboarding Digitalisasi UMKM Potensial dan Unggulan; (ii) Capacity Building dengan beragam tema, diantaranya terkait tren warna dan style, akses pembiayaan, dan digitalisasi; (iii) program peningkatan akses pasar melalui berbagai kegiatan pameran dan expo; (iv) program Peningkatan Kapasitas Usaha UMKM melalui Program Bantuan Sosial Bank Indonesia (PSBI), serta (v) peningkatan akses keuangan UMKM melalui program business matching.

Dalam rangka semakin mempertegas komitmen Bank Indonesia untuk mendorong UMKM, pada acara tersebut dilakukan launching e-katalog SERU Sriwijaya melalui website www.serusriwijaya.com.

Kegiatan ini disambut baik oleh Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Suumatera Selatan, Dra. Hj. Neng Muhaiba, MM, yang dalam kesempatan tersebut mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan menyampaikan apresiasi yang besar atas terselenggaranya acara ini.

Beliau menyampaikan bahwa di era digital saat ini pemanfaatan teknologi data dan informasi menjadi kunci utama bagi UMKM untuk dapat tumbuh dan bersaing. Penguatan infrastruktur teknologi termasuk perkembangan platform dan informasi yang mendukung UMKM perlu terus dilakukan melalui kerja sama dan sinergi antar instansi baik pemerintah maupun sektor swasta.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti, yang menyampaikan Leader’s Insight kepada seluruh tamu undangan yang hadir.

Dalam pemaparannya, beliau mengajak seluruh peserta yang hadir untuk terus meningkatkan semangat KIS (Konsistensi, Inovasi, dan Sinergi) untuk menghadapi tantangan ke depan. Beliau juga mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya bagi seluruh responden survei Bank Indonesia yang telah mendukung kinerja Bank Indonesia dalam menyusunan kebijakan yang forward looking melalui support data-data hasil survei.

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Gubernur Senior Destry bersama pimpinan lainnya juga turut menyampaikan secara simbolis bantuan Program Sosial Bank Indonesia berupa mesin combine harvester kepada Kelompok Karya Tani 1, paket digital farming kepada Kelompok Tani Rukun Makmur dan Kelompok Tani Sedia Usaha, serta sarana dan prasarana bank sampah dan mesin press sampah kepada Kelompok Sadar Wisata Desa Burai. (Rillis)