10 Tahun Pimpin PALI, Heri Amalindo Berhasil Tingkatkan IPM dan Turunkan Angka Pengangguran

Daerah, Pali260 Dilihat

Selama 10 tahun memimpin, Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM mencatatkan pencapaian yang luar biasa untuk Bumi Serepat Serasan, terutama di sektor peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal itu diketahui dari paparan yang dilakukan oleh orang nomor satu di Bumi Serepat Serasan dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten yang digelar kemarin, di Pendopoan Rumah Dinas Bupati PALI

Heri Amalindo menerangkan bahwa peningkatan kualitas SDM itu terlihat dari data yang berhasil dirangkum oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirangkum oleh Bappeda PALI.

Pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Kabupaten PALI naik dengan angka tertinggi di Sumatera Selatan. Dimana dari tahun 2014 IPM Kabupaten PALI hanya 58,89% kini pada tahun 2023 naik menjadi 68,78%.

“Ada kenaikan 9,89% IPM. Meskipun masih yang terendah untuk IPM dari 17 kabupaten kota, namun untuk peningkatannya tertinggi dari kabupaten kota lainnya,” ujar Heri Amalindo.

Heri Amalindo yang merupakan Bakal Calon Gubernur Sumsel 2024 itu juga mengatakan selain IPM yang mengalami kenaikan, angka pengangguran di Kabupaten PALI juga menurun.

“Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dari data yang diterima, menurun dari tahun 2014 sebesar 5,61%. Kini pada tahun 2023 menurun menjadi 3,99%. Bahkan angka TPT ini lebih rendah dari angka TPT Provinsi Sumsel yang masih berada di angka 4,11%,” ujarnya.

Diakuinya bahwa capaian tersebut tentunya bukan atas usaha dirinya dan Wabup PALI saja, melainkan usaha bersama yang terencana, terstruktur dan masif.

“Tentunya ini berkat kerjasama kita semua, kerja keras OPD, stakeholder terkait, Forkopimda dan semua elemen masyarakat. Tentu harapan kami, angka ini akan terus menurun sehingga bisa mewujudkan Kabupaten PALI Madani 2045,” tutupnya.