Muba Optimis Desa Bailangu Bisa Masuk 10 Besar Nominasi Desa Cantik

Musi Banyuasin233 Dilihat

MUBA, SUMSEL.JARRAKPOS.COM – Setelah terpilihnya Desa Bailangu sebagai Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) 20 besar Nasional, kami masyarakat Desa Bailangu kini kian optimis bisa masuk 10 besar nasional. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala BPS Musi Banyuasin Trio Wira Dharma dan Kepala Desa Bailangu Ali Sodikin dalam Program Podcast Terbaik LPPL Se-Indonesia, Selasa (28/11/2023).

Dalam obrolan santai yang dipandu oleh Febie Alfina bersama narasumber tersebut membahas proses terpilihnya Desa Bailangu sebagai Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) satu satunya kandidat mewakili Sumatera Selatan dan kesiapan Desa Bailangu masuk 10 besar nasional.

Kepala BPS Musi Banyuasin Trio Wira Dharma menjelaskan Program Desa Cantik (Cinta Statistik) merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh BPS RI sejak tahun 2021 yang bertujuan untuk meningkatkan literasi statistik guna mendukung pembangunan nasional mulai dari level desa/kelurahan. Program ini juga merupakan kolaborasi antara BPS dan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin.

“Pelaksanaan Program Desa Cantik 2023 dilaksanakan di 34 provinsi di Indonesia. Desa Bailangu merupakan Desa Cantik terpilih yang mewakili Provinsi Sumatera Selatan untuk menjadi kandidat penerima Desa Cantik Award Tahun 2023.” jelasnya.

Selain itu, Kepala Desa Bailangu Ali Sodikin meminta dukungan dan doa agar Bailangu bisa mendapatkan hasil yang terbaik untuk Musi Banyuasin.

“Ada beberapa tematik data andalan yang telah disusun dari tingkat RT. Di antaranya, pengentasan kemiskinan dan pengendalian inflansi. Sehingga kami optimis bisa melaju ke tahap selanjutnya, untuk itu kami mohon dukungan dan doa agar Desa Bailangu bisa mendapatkan hasil atau nilai yang terbaik,”ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Musi Banyuasin Herryandi Sinulingga AP menyampaikan apresiasi dan siap memberikan support serta dukungannya sebagai walidata dan Pembina data kabupaten Muba.

Dikatakan Sinulingga Pemkab Muba melalui Dinas Kominfo dan BPS Muba akan terus bersinergi untuk mewujudkan Satu Data Indonesia Kabupaten Muba yang berkualitas hingga ke level desa. Kita juga berharap desa Bailangu Bisa Masuk 10 Besar Nominasi Desa Cantik.

Lingga juga menyampaikan ucapan terima kasih pada tim BPS. “Kita patut bangga dan bersyukur desa Bailangu ini masuk kandidat 20 besar. Dan kita berharap pembinaan desa cantik secara berkesinambungan keseluruh desa yang ada di Musi Banyuasin dengan Harapan Pembangunan samapai Level desa kedepannya berbasis data. sekali Lagi Semoga Desa Bailangu menjadi juara dan yang terpenting Update data Di Aplikask Desa Cantik terus lebih sempurna kedepanya sehingga bisa menjadi dasar dan acuan pembangunan desa Bailangu dan dapat menjadi contoh bagi desa desa lainnya di kabupaten Musi Banyuasin ungkapnya. (Irwan/Rilis Dinkominfo Muba)