Kurangi Pengangguran, Pemkot Prabumulih MoU dengan PT Sansan Saudaratex Jaya

Prabumulih259 Dilihat

PRABUMULIH, SUMSELJARRAKPOS – Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih kembali berkomitmen, untuk mengurangi pengangguran di Kota Prabumulih.

Buktinya setelah sukses mengirim putra daerah ke PT Sritex, Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM menjalin kerjasama dengan PT Sansan Saudaratex Jaya, Senin (10/10/2022).
Penandatanganan Kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Prabumulih dan PT Sansan Saudaratex Jaya tentang Program Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja di PT Sansan Saudaratex Jaya  Jalan Cibaligo Nomor 33 Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat.
“Pemerintah Kota Prabumulih terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Prabumulih, khususnya dalam upaya pengentasan kemiskinan dan mengurangi pengangguran di Kota Prabumulih. Kali ini dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemerintah Kota Prabumulih dengan PT Sansan Saudaratex Jaya,” kata Ridho Yahya diacara yang dibuka langsung oleh Direktur PT Sansan Saudaratex Jaya Budi.
Orang nomor satu di Kota Prabumulih ini menuturkan, Pemkot akan memfasilitasi pengiriman tenaga kerja ke PT yang bergerak dibidang tekstil tersebut. “Dengan mengirim tenaga kerja, dengan harapan dapat mengurangi pengangguran yang ada di Kota Prabumulih,” imbuhnya.
Sementara itu Direktur PT Sansan Saudaratex Jaya Budi Danubrata menyampaikan pihak perusahaan menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada Pihak Pemerintah Kota Prabumulih yang berkenan berkunjung  ke PT Sansan Saudaratex Jaya. “Mudah- mudahan ini dapat berkesinambungan dan tentunya dapat memberikan manfaat bagi kedua pihak.Baik dalam penyerapan tenaga kerja maupun dalam upaya peningkatan produktivitas perusahaan,” tutur Jaya Budi.
Sementara itu, dari data yang ada di Dinas Tenaga Kerja jumlah pencari kerja di Kota Prabumulih mencapai 948. Jumlah tersebut lebih sedikit dari data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik. “Kalau data dr BPS 5667 tapi kalau data yang kita pegang ini berjumlah 948 dari total pencaker yang membuat kartu pencari kerja itu terhitung dari sampai Januari sampai September 2022,” kata Kepala Dinasker Sanjay Yunus SH MH belum lama ini.
Masih lanjut dia, untuk mengurangi jumlah pengangguran di Kota Prabumulih, Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) akan mengadakan job fair.
Dalam job fair tersebut, Pemkot menggandeng 14 perusahaan yang ada di Kota Prabumulih. Hasilnya dibuka sebanyak 411 lowongan pekerjaan untuk warga Kota Prabumulih.(*)