PT Bukit Asam Tbk Gelar Pembinaan UMKM Binaan Bersama PTBA dan BRI di Palembang

Palembang491 Dilihat

PALEMBANG, SUMSEL.JARRAKPOS.COM – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melalui Rumah BUMN Bukit Asam Banyuasin, Sumatera Selatan, sukses menggelar kegiatan pembinaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan PTBA dan BRI. Pembinaan kali ini bertemakan Optimalisasi Strategi Cost Saving & Marketing, bertujuan untuk mendukung UMKM di wilayah Kota Palembang dan sekitarnya agar semakin berkembang dan mampu naik kelas.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 3 Oktober 2024, lalu bertempat di Griya PTBA Puncak Sekuning, Kota Palembang. Sebanyak 25 pelaku usaha dari sektor perdagangan berpartisipasi dalam pelatihan yang dimulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB.

Fajrian Ramadhan, PIC Fasilitator Rumah BUMN Bukit Asam Banyuasin, membuka acara dan bertindak sebagai MC. Dalam sambutannya, Fajrian menyampaikan bahwa pelatihan ini diikuti oleh 25 peserta yang seluruhnya merupakan pelaku usaha dari sektor perdagangan, dengan harapan mereka bisa memperoleh pengetahuan baru dalam strategi penghematan biaya dan pemasaran.

Acara ini juga dihadiri oleh Mustafa Kamal, AVP Sosial Economic Sustainable Environment PTBA, Junardi AM Micro & Small Enterprise Funding, serta Asyhari Prima Nanda, AM SDM, Hukum, dan Humas PTBA Unit Dermaga Kertapati. Hadir pula narasumber, Dr. Sulaiman Helmi SE., MM. CMA yang membagikan ilmu dan pengalaman kepada para peserta.

Dalam sambutannya, Mustafa Kamal menyampaikan pentingnya sinergi antara PTBA dan BRI untuk memajukan UMKM binaan. Ia berharap dengan adanya program pembinaan dan pendampingan seperti ini, UMKM bisa terus maju dan berkembang, bahkan mampu naik kelas di masa mendatang. Hal senada disampaikan oleh Junardi, yang menekankan agar peserta pelatihan memanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk memperbaiki strategi usaha mereka.

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi tinggi dari para peserta. Salah satu pelaku UMKM binaan PTBA dan BRI menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan penuh dari PTBA dan Rumah BUMN Bukit Asam. “Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami. Selain memberikan motivasi, kami juga mendapatkan ilmu baru yang akan kami terapkan untuk mengembangkan usaha kami. Kami berharap bisa terus maju dan naik kelas di masa depan,” ujarnya.

Dengan adanya pelatihan ini, PTBA melalui Rumah BUMN Bukit Asam berharap dapat terus mendukung perkembangan UMKM di wilayah Palembang dan sekitarnya, serta mendorong mereka untuk lebih inovatif, mandiri, dan berdaya saing di pasar yang lebih luas. (Rilis)