Tingkatkan Cooling System dan Beyond Trust Jelang Pilkada 2024, Polsek Talang Ubi Gelar Patroli Gabungan

Daerah, Pali68 Dilihat

PALI, SUMSELJARRAKPOS – Polsek Talang Ubi menggelar patroli gabungan guna meningkatkan cooling system dan beyond trust menjelang Pilkada 2024.

Kegiatan ini merujuk dengan sejumlah landasan hukum seperti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, serta PERKAP Nomor 8 Tahun 2021 tentang perubahan atas PERKAP Nomor 1 Tahun 2019 tentang Sistem Manajemen dan Standar Keberhasilan Operasional Polri.

Surat Telegram Kapolda Sumsel Nomor: STR/269/IX/OPS.1.3./2024 terkait antisipasi situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pemilu.

Patroli gabungan ini dipimpin oleh Kapolsek Talang Ubi, Kompol Rifan Wijaya, S.T., berdasarkan Surat Perintah Kapolsek Talang Ubi Nomor: Sprin/67/IX/OPS.1.2.3/2024, yang diterbitkan pada 13 September 2024.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyakit masyarakat (Pekat), gangguan kriminalitas seperti 3C (Curat, Curas, Curanmor), serta menjaga stabilitas Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Talang Ubi.

Kapolres PALI, AKBP Khairu Nasrudin, S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Talang Ubi, Kompol Rifan Wijaya, S.T., menjelaskan bahwa kegiatan KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan) gabungan bersama Koramil 404-03/Pendopo ini adalah bentuk sinergi TNI-Polri untuk menciptakan situasi aman dan kondusif jelang Pilkada serentak 2024.

“Giat KRYD ini dilaksanakan pada Jumat (13/09/2024), dimulai pukul 20.00 WIB, bertempat di halaman Mako Polsek Talang Ubi. Patroli dipimpin oleh Pawas IPDA Dedi Irma dan melibatkan enam personel Polsek serta tiga anggota Koramil 404-03,” ujar Kapolsek Talang Ubi melalui Pawas IPDA Dedi Irma.

Sasaran utama patroli ini adalah Kantor Bawaslu dan Kantor KPU Kabupaten PALI.

“Hasilnya, situasi di wilayah ini aman dan terkendali,” tambah Kapolsek.

Patroli gabungan ini merupakan bagian dari tahapan Operasi Mantap Praja (OMP) yang bertujuan menjaga kondusifitas menjelang Pilkada serentak.

“Polsek Talang Ubi bersama TNI melaksanakan langkah preventif dan preemtif untuk meminimalisir potensi gangguan Kamtibmas,” terang Kompol Rifan kepada awak media, Sabtu (14/09/2024).

Ipda Dedi Irma menambahkan, patroli ini merupakan langkah preventif untuk menjaga stabilitas di tengah masyarakat serta memonitor perkembangan situasi Kamtibmas.

“Tujuannya adalah menciptakan lingkungan yang kondusif menjelang Pilkada,” pungkasnya.