560 Anggota ADO Mendaftar untuk Mendapatkan Layanan Dokumen Kependudukan Secara Gratis

Tak Berkategori385 Dilihat

PALEMBANG, SUMSEL JARRAKPOS, – Asosiasi Driver Online (ADO) Palembang bekerja sama dengan Pelayanan Satu Pintu menggelar layanan dokumen kependudukan secara gratis di Sekretariat DPD ADO Sumsel, Jalan Hockey Block C20, Kampus Kota Palembang, Kamis (25/7/2024).

Layanan ini meliputi pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Ketua DPD ADO Sumsel, Asrul Indrawan, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan. “Kami tahu kawan-kawan ini, misalnya, untuk menuju kantor capil itu mungkin agak susah dan terbatas. Makanya kami kumpulkan hari ini, kalau belum selesai juga, kami akan memperjuangkan waktunya sampai besok,” ujar Asrul.

Sebanyak 560 anggota ADO mendaftar untuk berbagai layanan dokumen kependudukan. Asrul mengimbau agar masyarakat menggunakan waktu ini sebaik-baiknya untuk mengurus semua dokumen yang diperlukan. “Kami harap dengan adanya kegiatan ini, kawan-kawan ADO bisa terbantu dan lebih cepat akses ke mana-mana,” tambahnya.

Asrul juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Palembang, terutama kepada sekda kota Palembang Bapak Ratu Dewa sekaligus bakal calon walikota Palembang, yang telah merespons dengan cepat kebutuhan masyarakat. Ketika ditanya mengenai persiapan ADO menjelang Pilkada 2024, Asrul mengungkapkan bahwa ADO telah diminta oleh Kapolda Sumatera Selatan untuk mengadakan acara deklarasi damai pada Rabu, 31 Juli, di Pujasera Veteran.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palembang, Ibu Ir. Hj. Dewi Isnaini, M.Si., melalui Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Palembang, Sahlan Syamsu, menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan layanan pencetakan KTP elektronik, kartu identitas anak, identitas kependudukan digital, akta kelahiran, dan akta kematian. “Kami akan langsung memproses hari ini terutama bagi para driver online yang sudah siap dengan persyaratan yang disarankan,” jelas Sahlan.

Informasi yang diterima menunjukkan bahwa sekitar 450-an anggota terdata untuk hari ini. “Jika masih diperlukan tambahan waktu, kami akan menambahkan sesuai dengan kebutuhan mereka,” tambahnya.

Sahlan juga menegaskan pentingnya tertib administrasi kependudukan dan mengimbau masyarakat untuk mengupdate data keluarga mereka agar sesuai dengan kondisi terkini.

Dengan adanya kegiatan jemput bola ini, diharapkan masyarakat Palembang dapat lebih mudah dan cepat dalam mengurus dokumen kependudukan yang diperlukan,” pungkasnya. (WNA)