Musim Kemarau Tiba, Kapolsek Sungai Lilin AKP Moga Gumilang Himbau Ini kepada Masyarakat

Musi Banyuasin, Polri890 Dilihat

MUBA, SUMSEL.JARRAKPOS.COM – Musim kemarau telah tiba, Kapolsek Sungai Lilin AKP Moga Gumilang STrK Sik menghimbau kepada masyarakat Sungai Lilin untuk tidak membakar hutan dan lahan saat hendak membuka lahan perkebunan.

“Kami dari Polsek Sungai Lilin menghimbau agar masyarakat bersama-sama menjaga dan tidak membuka lahan perkebunan dengan cara membakar, serta mengurangi kegiatan yang dapat mengakibatkan kebakaran hutan, kebun, dan lahan,” ujarnya saat diwawancarai awak media ini dikantornya, Jum’at (19/07/2024).

“Sejak dua bulan terakhir kita sudah memberikan himbauan kepada masyarakat, pemasangan spanduk, dan sosialisasi pemahaman agar tidak membakar lahan dan tentang bahayanya kebakaran hutan dan lahan,” sambungnya.

Selain itu, ia mengajak masyarakat bersama-sama untuk upaya pencegahan dengan membatasi kegiatan masyarakat yang tidak dikenal atau oknum-oknum masyarakat yang kiranya dapat mengakibatkan karhutlah itu sendiri.

Titik hotspot, kata dia, saat ini belum terpantau dari satelit, maupun dari aplikasi karhutlah. Untuk Sungai Lilin saat ini masih kondusif dan kedepannya kami terus berupaya agar di Sungai Lilin tidak terjadi karhutlah.

“Beberapa pekan lalu kami sudah melaksanakan rakor bersama Forkopimcam, pemerintah desa, serta perusahaan yang beroperasi di Sungai Lilin. Dalam rakor tersebut masing-masing desa dan perusahaan untuk bertanggung jawab dalam upaya pencegahan dan penanganan karhutlah,” katanya.

Ia juga berharap kepada masyarakat untuk dapat bekerjasama dengan baik agar terciptanya suasana yang kondusif.

“Saya berharap jika masyarakat melihat, ataupun mengetahui terkait kejadian karhutlah agar segera melapor kepada kami agar segera mungkin kami tindaklanjuti,” pungkasnya. (Irwan)