TMMD -119 Kodam II/Swj Bantu Pemerintah dan Sejahterakan Masyarakat Sumbagsel

TNI52 Dilihat

 

PALEMBANG, SUMSEL JARRAKPOS, -Setelah 30 hari tidak terasa, program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-119 di wilayah Kodam II/Swj pun telah selesai dan diharapkan berbagai sasaran kegiatan fisik maupun non fisik yang dilakukan di 5 wilayah Sumbagsel itu dapat membantu pemerintah dan mensejahterakan masyarakat sekitar.

Hal itu disampaikan Kapendam II/Swj, Kolonel Arh Saptarendra P., S.T., M.M. dalam rilisnya di Palembang, Sumsel, Rabu (20/3/2024)

Diungkapkan Kapendam, kegiatan yang bertema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah” kali ini dilakukan di 5 Kodim yang tersebar di Sumsel, Lampung, Jambi, Bengkulu dan Bangka Belitung.

“Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Yanuar Adil menutup TMMD di wilayah Kodim 0411/Kota Metro, sedangkan Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Ruslan Effendy di Kodim 0401/Muba,” ujar Sapta

Penutupan di wilayah Sumbagsel ini, lanjutnya, dilaksanakan serentak dan dipimpin Pangdam II/Swj selaku Pengendali Kegiatan Operasional TMMD di wilayah Sumbagsel ini.

“Untuk sasaran di wilayah Sumbagsel yaitu di Kabupaten Muko-muko, Lampung Tengah, Mesuji, Musi Banyuasin, dan Bangka Selatan. Saat penutupan juga dihadiri oleh Pejabat Korem, Forkopimda, Para Dandim selaku Dansatgas TMMD setempat termasuk elemen masyarakat,” terang Sapta

Lanjut dikatakannya, sebagaimana Pangdam II/Swj sampaikan bahwa Program TMMD sendiri pada dasarnya untuk membantu pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan yang dilakukan pemerintah dan manfaatnya dirasakan langsung oleh masayarakat.

Seperti pembuatan jalan, lanjut Pamen TNI AD dari kecabangan Artileri Pertahanan Udara itu, jembatan, sumber air bersih dan berbagai hasil lainnya di wilayah yang terisolir.

“Termasuk yang non fisik seperti membangun kemanunggalan TNI dengan rakyat dimana anggota Satgas TMMD itu makan dan tidur di rumah warga,”imbuh dia.

Atas capaian yang dilakukan oleh Satgas TMMD itu, dalam sambutannya, Pangdam II/Swj juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua karena telah bahu-membahu bersama prajurit TNI, mewujudkan pembangunan daerah.

Untuk diketahui, penutupan TMMD yang lainnya dipimpin oleh para Danrem setempat, yaitu Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Rachmad Zulkarnaen di Kodim 0428/Muko Muko,
Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E. di Kodim 0426/Tulang Bawang.

Selanjutnya, Danrem 045/Gaya Brigjen TNI A. Dedy Prasetyo, S.I.P. di Kodim 0432/Bangka Selatan dan Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Mohammad Thohir mendampingi Kasdam di Muba. (Rillis)