SD Negeri 133 Palembang Menggelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Pendidikan494 Dilihat

PALEMBANG, SUMSEL JARRAKPOS, – Sekolah Dasar negeri 133 Palembang menggelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dilaksanakan di halaman SD negeri 133 palembang, Sabtu (9/12/2023).

Kepala Sekolah hj Samsi Masnani mengatakan, pihaknya sangat berbahagia menyelenggarakan Gelar Karya untuk kegiatan P5 di SD negeri 133 Palembang, di mana kegiatan ini yang utama adalah untuk mengapresiasi proses pembelajaran yang telah siswa-siswi lakukan,” katanya.

Masnani menjelaskan, bahwa inti dari edukasi untuk Profil Pelajar Pancasila ini adalah penguatan karakter bagi para siswa. Sehingga diharapkan, setelah proses pembelajaran ini anak bisa lebih kuat lagi karakternya.

“Di antaranya mungkin mandiri, gotong royong, dan lain sebagainya. Itu diharapkan setelah mereka melakukan proses ini lebih menguat lagi,” jelasnya.

Lanjutnya, kegiatan ini didukung penuh oleh semua pihak, baik itu orang tua wali murid.

“Harapannya mungkin untuk ke depan untuk pendidikan terutama di profil pelajar pancasila ini bisa terus di implementasikan dengan lebih variatif lagi dan sesuai arahan mungkin lebih ke bagaimana ini penguatan karakter bisa muncul lagi,” harapnya.

Sementara itu Bidang Kurikulum SD 133 Palembang Tamrin menambahkan, pihaknya sudah menerapkan Kurikulum Merdeka untuk kelas 1 dan kelas 4. Namun, untuk kegiatan P5 ini pihaknya mengikutsertakan seluruh siswa di SD 133 Palembang.

“Siswa kelas 1 sampai kelas 5, di sini kita projeknya dimensi ber-kebhinekaan global, kemudian temanya kearifan lokal dan dengan topik membuat kerajinan daur ulang,” terangnya.

Tamrin menuturkan, Selama 1 semester anak-anak sudah belajar berbagai macam hal yang berkaitan dengan menganyam, diantaranya yaitu teknik dasar menganyam, pola menganyam, sampai akhirnya menjadi sebuah karya yang akan dipajang di Gelar Karya Galeri P5.

“Karena untuk P5 ini semua siswa terlibat, jadi alhamdulillah antusiasme dan apresiasi siswa terhadap kegiatan sangat positif,” tuturnya.

Salah satu siswa Kelas 4b, M Zaydan Rizki alvaro mengatakan, sangat senang mengikuti kegiatan ini, karena bisa mengenali berbagai jenis kerajinan salah satunya yaitu membuat celengan dari botol bekas. Pada kegiatan P5 kali ini, amora membuat sebuah baju dari plastik bekas.

“Seru sekali karena bisa melihat banyak kerajinan yang sangat bagus. Semoga makin sukses dan makin banyak karya yang bagus, yang dibuat oleh anak-anak,” Pungkasnya. (WNA)