Muchendi, Mensupport IKA FISIP UNSRI untuk Dikembangkan ke Jaringan Internasional

Pendidikan127 Dilihat

PALEMBANG, SUMSEL JARRAKPOS, -Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan H. Muchendi Mahzarekki Ishak Mekki, S T menghadiri Pengukuhan Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sriwijaya (Unsri) periode 2023-2027 yang di selenggarakan di rumah dinas walikota Palembang, Jum’at (15/12/23).

Muchendi mengatakan, saya hadir di sini sebagai undangan karena saya merupakan siswa di fakultas Magister  Administrasi Publik (MAP) UNSRI. Kegiatan ini merupakan potensi sumber daya yang luar biasa apalagi sudah menyebar ke seluruh Indonesia, karena sudah memberikan banyak beasiswa kepada pegawai-pegawai Negeri ASN dari seluruh Indonesia yang dikirim ke FISIP UNSRI untuk mengambil magister administrasi,” katanya.

Menurut Muchendi, Ini merupakan potensi yang harus kita sebarkan informasinya, sehingga kalau ini di sinergikan akan menjadi luar biasa. Selain di Sumatera Selatan sendirinya sudah tersebar ini bisa menjadikan misi ke depan akan ditopang oleh IKA FISIP UNSRI, yang nanti insyaallah bisa bersinergi dengan fakultas untuk bisa mendorong alumni-alumni kita menjadi alumni-alumni unggul dan berprestasi.

“Saya yakin karena sebagian pengurus ini adalah orang-orang muda dan generasi-Z juga banyak, sehingga bisa bersama-sama memajukan alumni FISIP UNSRI ke depan. Sebagai informasi saat ini kita sedang menggalang kerjasama internasional di beberapa universitas di luar negeri. Kemarin saya baru pulang dari Jepang yang akan membangun double negeri di sana,” urainya.

Lanjutnya, mudah-mudahan mahasiswa kita bisa berputar dan kami minta juga kepada pak wali nanti untuk bisa mengirimkan tabel berikutnya, baik itu program reguler double negeri maupun sandwich program di review universitas Jepang. Kita juga punya kerjasama dengan edition university Australia Barat karena ada beberapa jam profesornya yang mengajar divisi, kemudian ada ganti university Skotlandia ada national university of Singapura berapa jam profesor juga menjadi dosen internasional divisi universitas Sriwijaya,” bebernya.

Muchendi menjelaskan, kedepan nanti kita akan support terutama IKA FISIP UNSRI ini bisa dikembangkan ke jaringan internasional, sehingga alumni FISIP UNSRI ke depan memang mempunyai wawasan internasional, sehingga mampu bersaing dengan alumni-alumni lain yang ada di Indonesia.

Kita sekarang memiliki 7 program studi 4 program studi S1 yaitu organisasi publik sebagai prodi tertua, kemudian sosiologi kemudian komunikasi dan hubungan internasional, 2 program magister  administrasi publik dan magister sosiologi serta 1 program doktor organisasi publik.

Program doktor ini kita sudah memiliki sekitar 90 orang mahasiswa dengan 5 alumni doktor, mudah-mudahan besok akan menambah lagi 2 alumni doktor,” jelasnya.

“Alhamdulillah pada hari ini juga hadir Pak Dinda dan ada juga tamu dari UGM yang nanti bisa menguji di program doktor organisasi publik, kita akan mengembangkan beberapa prodi S1 yaitu prodi ilmu politik desain komunikasi visual kemudian ada juga S1 perpustakaan dan informasi digital serta satu lagi sudah kita siapkan yaitu magister studi anti korupsi.

Ini merupakan magister pertama di Indonesia mudah-mudahan ini akan lahir dan sebagai bentuk kepemimpinan kita memberantas korupsi di Indonesia ini, perkembangan FISIP ke depan mudah-mudahan FISIP akan ditopang oleh IKA FISIP UNSRI yang menjadi sumber daya energi ataupun vitamin yang bisa mendorong secara bersama-sama kemajuan fakultas kita.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pengurus pertama pengurus nasional IKA UNSRI  yang sudah sangat support di dalam acara pelantikan hari ini, kemudian Pak PJ Walikota yang sudah memfasilitasi tempatnya sangat membanggakan,” pungkasnya. (WNA)