Layanan Program JKN Kian Dekat di Masyarakat dengan Hadirnya BPJS Keliling

Bpjs kesehatan132 Dilihat

PALEMBANG,  SUMSEL.JARRAKPOS.COM  – Dalam rangka memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat dan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) khususnya di Kota Palembang, BPJS Kesehatan Cabang Palembang membuka layanan BPJS Keliling, (18/01). Melalui layanan yang dihadirkan, masyarakat yang berada di sekitar wilayah tersebut bisa mengakses layanan pengurusan administrasi, cek keaktifan kartu peserta, perubahan data, serta pemberian informasi terkait Program JKN.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang, Sari Quratulainy menyampaikan bahwa Layanan BPJS Keliling merupakan salah satu kanal pelayanan peserta yang mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan JKN yang rutin dilakukan dan dijadwalkan keliling mulai dari instansi pemerintah, fasilitas Kesehatan, pusat perbelanjaan hingga beberapa titik strategis untuk menjangkau layanan kepada masyarakat seperti yang saat ini dilakukan pelayanan di setiap kelurahan yang akses ke kantor BPJS Kesehatan cukup jauh, untuk kali ini BPJS Keliling hadir di Puskesmas Bukit Sangkal.

Peserta dan calon peserta dapat menghemat energy, tenaga, dan waktu mereka hanya untuk mendapatkan pelayanan dari BPJS Kesehatan. Mereka dapat langsung bertemu dengan Petugas BPJS Kesehatan baik untuk masalah data, pemberian informasi maupun pembayaran iuran,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang Sari Quratulainy”.

Sari menambahkan banyak masyarakat yang tidak sempat dan mempunyai kendala dengan jarak yang jauh ke Kantor BPJS Kesehatan dalam mengurusi kepesertaannya. Untuk itu, kami menghadirkan BPJS Keliling. Melalui stand BPJS Keliling ini diharapkan Program JKN semakin dikenal luas masyarakat sehinga peserta mengetahui manfaat Program JKN.

Kami berharap dengan adanya BPJS Keliling ini, masyarakat lebih dekat mengenal BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara JKN, masyarakat mengetahui manfaat Program JKN dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan administrasi BPJS Kesehatan tanpa harus antri di Kantor, lebih dari itu kami juga berharap peserta dapat rutin dalam hal pembayaran iuran JKN sehingga pelayanan kesehatan dapat berjalan lancar tanpa adanya hambatan, harap Sari.

Hadirnya BPJS Keliling ini mendapatkan respon positif dari peserta JKN. Salah satunya Supardi peserta JKN segmen Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU). Ia mengatakan, adanya layanan BPJS Keliling ini dapat menghemat waktu tanpa datang ke Kantor BPJS Kesehatan.
Supardi yang akrab di sapa Supar yang merupakan salah satu peserta JKN mengaku senang ketika layanan JKN dapat hadir langsung di tengah masyarakat. Saya sangat senang karena layanan JKN dapat kami akses dengan mudah dimana dengan adanya kunjungan langsung pelayanan seperti sekarang yang dilakukan dengan menggunakan mobil pelayanan, kami dapat menanyakan seputar layanan JKN seperti yang saya lakukan saat ini, saya bermaksud menanyakan manfaat dan layanan digital terbaru dari BPJS Kesehatan, kata Supar.

Alhamdulillah, dengan adanya BPJS Keliling ini banyak informasi yang didapat seputar program JKN dan tidak perlu jauh-jauh mendatangi kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus JKN. Pelayanannya baik, mudah dan cepat, petugasnya juga ramah melayani saya. Terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah memudahkan pelayanan kepada masyarakat, cerita Supar.

Selain itu dengan adanya layanan BPJS Keliling seperti ini, kami sebagai masyarakat awam yang kurang informasi seputar JKN menjadi tercerahkan karena petugas sangat informatif memberikan informasi dengan rinci dan tuntas, tambah Supar.

Masyarakat sangat antusias menyambut kedatangan layanan BPJS Keliling. Terbukti begitu sampai di Puskesmad Bukit Sangkal layanan BPJS Keliling langsung diserbu oleh masyarakat di sana.

Lebih lanjut Supar berharap semoga kegiatan ini terus berjalan sehingga masyarakat yang belum dapat menjangkau layanan JKN dapat terlayani dengan baik melalui kegiatan BPJS Keliling seperti ini. (Irwan/Rilis BPJS Kesehatan)