Lapas Sekayu Peringati Hari Bela Negara ke-75

Musi Banyuasin241 Dilihat

MUBA, SUMSEL.JARRAKPOS.COM  – Lapas Sekayu Kemenkumham Sumsel melaksanakan upacara peringatan Hari Bela Negara Ke-75 dan Kesiapan Nataru Tahun 2023/2024, pada Selasa (19/12/2023), kemarin.

Kegiatan upacara peringatan Hari Bela Negara tersebut dilaksanakan di Lapangan Olahraga Lapas Sekayu. Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2023 mengusung tema “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju”.

Kalapas Sekayu, Yosef Leonard Sihombing bertindak selaku inspektur upacara. Dalam amanatnya, inspektur upacara membacakan amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Disampaikan bahwa, memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan pribadi yang tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu.

“Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Yosef membacakan amanat Presiden Republik Indonesia.

Hari Bela Negara (HBN) adalah hari bersejarah bagi Indonesia dalam rangka memperingati Deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tanggal 19 Desember 1948 di Sumatera Barat, yang selanjutnya ditetapkan oleh Presiden RI dalam Keputusan Presiden Nomor 28 tahun 2006.

Hari Bela Negara diperingati sebagai upaya mengenang kembali sejarah perjuangan bangsa Indonesia serta menguatkan kembali keyakinan akan pentingnya persatuan dan kesatuan, semangat pantang menyerah, kebersamaan, dan gotong royong untuk menjaga keutuhan Indonesia.

Dalam amanat disampaikan, Presiden Republik Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air.

Dalam upacara ini diperdengarkan Mars Bela Negara dan juga pembacaan Ikrar Bela Negara. Upacara ini diikuti oleh seluruh petugas Lapas Sekayu serta perwakilan warga binaan. (Irwan/Rilis)