Desa Bailangu Wakili Sumsel sebagai Nominasi Program Desa Cantik Tingkat Nasional

Musi Banyuasin258 Dilihat

MUBA, SUMSEL.JARRAKPOS.COM – Setelah dinilai masuk 20 besar wilayah terpilih dalam Desk Evaluation Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik), akhirnya BPS RI, Selasa (22/11/2023) turun gunung melakukan kunjungan langsung dalam rangka penilaian ke Desa Bailangu.

Pantauan di lokasi tampak Tim dari BPS RI, yang diketuai oleh Mohamad Fadlian Syah SST, M.Si. (Direktorat Statistik Ketahanan Sosial BPS RI) didampingi Kepala BPS Kabupaten Musi Banyuasin, Trio Wira Dharma, S.ST., M.M bersama jajaran, Camat Kecamatan Sekayu, Edi Heriyanto, SH, M.Si. Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Herryandi Sinulingga, AP. diwakili oleh Plt. Kabid. Statistik Sektoral Kabupaten Musi Banyuasin, Mustito,S.Pd, langsung melakukan pengecekan lapangan di kantor Desa Bailangu, Rabu (22/11/2023).

Ketua Tim Penilai dari BPS RI, Fadlian Syah SST MSi menerangkan, hal ini merupakan sehubungan dengan telah selesainya Desk Evaluation Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) tahun 2023 yang dilakukan oleh tim Desa Cantik BPS RI, maka kegiatan ini merupakan tahapan pengecekan lapangan (field evaluation) di 20 wilayah terpilih, dan salah satunya di Kab. Muba adalah Desa Bailangu ini.

“Kegiatan field evaluation ini merupakan awal penilaian tahap akhir untuk memperoleh 10 (sepuluh) desa/kelurahan penerima Award Desa Cantik 2023 secara Nasional,” sambungnya.
Target utama dari program ini yakni, peningkatan literasi statistik pada aparatur desa. Dalam kerangka satu data Indonesia di level terkecil pemerintahan.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Musi Banyuasin Herryandi Sinulingga AP mengatakan, bahwa semangat sinergi antara Pemkab Muba dan BPS Kabupaten Musi Banyuasin berjalan dengan baik, sebagai walidata dan Pembina data kabupaten berkerja keras untuk mewujudkan Satu Data Indonesia kabupaten Muba yang berkualitas hingga level desa.

“Dengan terpilihnya desa Bailangu masuk nominasi 20 besar Nasional dan satu satunya desa di Sumatera Selatan yang masuk nominasi Desa Cantik Tingkat Nasional. Harapan kami ini menjadi motivasi bagi desa desa lain kedepannya,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa Tim Penilai Desa Cantik dari BPS RI telah berada di Kabupaten Musi Banyuasin dari tanggal 21 November 2023 diterima langsung oleh Pj. Bupati Musi Banyuasin di Gueat a House didampingi beberapa kepala OPD.

“Kita berharap Bailangu Bisa Masuk 10 Besar Nominasi Desa Cantik,” pungkasnya. (Irwan/Rilis Dinkominfo Muba)