Cegah Banjir dan Penyakit, Kodim 0418/Palembang Gelar Karya Bhakti TNI di Pasar Sekip Ujung

TNI83 Dilihat

 

PALEMBANG, SUMSEL JARRAKPOS, – Dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kodam II/Sriwijaya, Kodim 0418/Palembang menggelar Kegiatan Karya Bhakti TNI dengan tema “Antisipasi Banjir dan Munculnya Wabah Penyakit”, di Pasar Sekip Ujung Jalan Ampibi Kelurahan 20 Ilir D II Kecamatan Kemuning Kota Palembang, Kamis (07/12/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil, Aster Kasdam II/Swj, Asops Kasdam II/Swj, Pj Walikota Palembang, Dandim 0418/Palembang, Kasiter Korem 044/Gapo, Danramil Jajaran Kodim 0418/Palembang, OPD Kota Palembang, Forkopimcam Kemuning, Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin dan tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan Karya Bhakti TNI ini, Prajurit Kodim 0418/Palembang bersama Petugas Kebersihan Pemkot Palembang, membersihkan sampah dan saluran air/selokan yang ada disekitar lingkungan Pasar Sekip Ujung Palembang.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil mengatakan, kegiatan Karya Bhakti TNI ini merupakan perintah dari KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjutak untuk melaksanakan pembersihan di pasar, pembersihan selokan dan penanaman pohon.

“Adapun tujuan kegiatan ini, adalah untuk mencegah terjadinya banjir dan timbulnya penyakit demam berdarah, karena di bulan Desember ini sudah memasuki musim hujan,” katanya.

“Kegiatan Karya Bhakti TNI ini, dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dan untuk di Kodam II/Swj, dilaksanakan disetiap Kodim yang ada di wilayah Sumbagsel selama dua minggu berturut-turut,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa menyampaikan, saya tentu sangat mengapresiasi kegiatan Karya Bhakti TNI ini, yang merupakan wujud kolaborasi Kodim 0418/Palembang bersama Pemerintah Kota Palembang dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan bersih, terutama di pemukiman padat penduduk serta pasar tradisional.

“Karena, lingkungan yang tidak bersih akan berdampak buruk bagi kesehatan dan juga berdampak buruk bagi lingkungan, yaitu bisa menyebabkan banjir,” ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0418/Palembang Kolonel Czi Arief Hidayat M.Han menuturkan, kegiatan Karya Bhakti TNI di wilayah Kota Palembang ini dilaksanakan dengan melibatkan 250 orang personel, terdiri dari TNI, Polri, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, Kecamatan dan Organisasi Masyarakat.

“Untuk hari ini, kita laksanakan di satu tempat ini dulu, karena ini baru launching, tapi berikutnya seperti yang disampaikan Bapak Panglima dan Pak Walikota Palembang juga kita secara konsisten selama musim hujan kita akan selalu melaksanakan kegiatan seperti ini,” ungkapnya.

Lanjut Kolonel Czi Arief, karena sifatnya launching, tentu kita harus mencari lokasi yang memiliki tempat yang luas dan ditempat ini sering terjadi banjir dikarenakan saluran air di lingkungan Pasar Sekip Ujung ini tersumbat.

“Kita berharap, apa yang kita lakukan ini dapat mengatasi permasalahan kebersihan pada saluran air dan banjir, khususnya di wilayah Kota Palembang,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Dandim 0418/Palembang bersama Pj Walikota Palembang memberikan sembako berupa beras, gula pasir, minyak goreng, susu dan mie instan kepada warga disekitar Pasar Sekip Ujung. (*)