Beredar Photo Kades dengan Gibran, Bawaslu Sebut ada Potensi Pelanggaran

OKI172 Dilihat

OKI, SUMSELJARRAKPOS– Beredar sebuah foto Kepala Desa Serigeni Baru,  Aliaman saat berfoto bareng bersama Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka yang tersebar di platform sosial media facebook.

Dalam unggahan salah satu akun bernama Ayani Yan tampak ia menuliskan “Semoga pertemuan ini membawa berkah” ucap sang pemilik akun postingan itu sendiri menjadi ramai bahkan di like sampai 83 orang, bahkan komentar yang membanjiri postingan tersebut mencapai 44 komentar dari netizen pengguna akun medsos facebook.

Menanggapi adanya temuan foto Aliaman Kades Serigeni Baru memakai baju putih dengan atribut ciri khas kepala desa bersama Cawapres Gibran.

Ketua Bawaslu Kabupaten OKI, Romi Maradona SH.i mengungkapkan, pihaknya mengucapkan banyak terima kasih atas peran serta awak media dalam memberikan informasi dan temuan di lapangan. Terkait adanya kepala desa yang bersikap tidak netral menjelang pemilu tahun 2024 pihaknya masih akan melakukan kajian.

“Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih kepada rekan rekan media yang telah melaporkan adanya kades di OKI menghadiri acara kampanye salah satu peserta pemilu ,”

Dengan adanya bukti foto tersebut akan kita tindaklanjuti apakah termasuk pelanggaran atau bukan. “Bisa jadi ada potensi pelanggaran,”ucapnya

Menurutnya, Ketentuan netralitas kepala desa diatur negara bahkan melalui dua undang-undang sekaligus. Yakni Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Sementara itu Camat Kayuagung, Solahudin mengatakan, terkait adanya temuan foto kades Serigeni Baru berpose dengan Cawapres Gibran, pihaknya tidak mengetahui sama sekali.

“Mereka pergi tidak ada perintah dari kami, mereka pergi juga tidak tahu sebab tidak pamitan dengan kami,” kata Camat.

Camat menjelaskan, terkait awak media yang telah berupaya untuk dapat konfirmasi dengan Aliaman kades serigeni baru, ia menuturkan bahwa nomor handphone yang bersangkutan kena hack

“Handphone pak kades kena hack sebab saya hubungi tidak aktif juga,” jelasnya.

Sementara itu, sampai berita ini diterbitkan pihak awak media telah berupaya untuk melakukan konfirmasi dengan Aliaman selaku Kades Serigeni Baru akan tetapi yang bersangkutan sulit dihubungi. (**)