Tinjau Lokasi Terbakar, Camat dan Plt Kalaksa BPBD Kabupaten Banyuasin Turun Ke Lokasi

Daerah, Banyuasin1648 Dilihat

BANYUASIN,SUMSELJARRAKPOS,- Didampingi Camat Banyuasin III, Santo. S. Sos. M. Si. Plt Kalaksa BPBD Kabupaten Banyuasin, Ir. Alpian. MM.

Meninjau lokasi kebakaran semak belukar yang ada di RT 25 Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Sumsel.

Plt Kalaksa BPBD Kabupaten Banyuasin, Ir. Alpian. MM. Menjelaskan kebakaran diduga dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab sehingga menyebabkan semak belukar yang ada di pinggir Jalan Lingkar Sekojo Pemkab Banyuasin tersebut terbakar.

“Untung saja tim cepat ke Lokasi, sehingga kebakaran tidak menjalar lebih luas,”Kata Ir. Alpian. MM, Plt Kalaksa BPBD Kabupaten Banyuasin, didampingi Camat Banyuasin III, Santo. S. Sos. M. Si. Senin, 9/9/23.

Ditambahkanya, masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan sebab hukuman dan denda telah disiapkan untuk oknum yang melakukan pembakaran lahan dan hutan tersebut.

“Kami minta masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, dampaknya banyak kabut asap menyebar yang dikeluhkan oleh masyarakat luas, dan bagi oknum yang kedapatan melakukan pembakaran akan bertentangan dengan hukum, kami tidak ingin mereka bertentangan dengan hukum yang sangsi serta dendanya sangat berat, hukuman penjara 10 tahun dan sangsi denda 10 Milyar,”Ujarnya.

Ditegaskannya, untuk dapat memadamkan api yang melahap semak belukar tersebut pihaknya menurunkan satu unit tangki air dengan di Bantu dari pihak Kodim 0430/01 Banyuasin serta Polres Banyuasin.

“Kejadian diperkirakan Pukul 16:00 Wib, saat ini masa pendinginan, syukur Alhamdulillah dibantu hujan turun dan kita menerjunkan pasukan dengan membawa satu unit tangki air, di bantu oleh relawan Karhutlah Kelurahan Seterio, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, kebakaran tidak meluas, “Tukasnya.

Usai kegiatan, Pasukan di traktir makan bersama oleh Plt Kalaksa BPBD Kabupaten Banyuasin dan Camat Banyuasin III sebagai bentuk apresiasi kepada para tim pemadam Karhutlah. (WT)