BPJS Kesehatan Cabang Palembang Ajak Komunitas Lari Palembang Sosialisasikan Program JKN

Bpjs kesehatan231 Dilihat

PALEMBANG, SUMSEL.JARRAKPOS.COM – Maraknya Komunitas yang berpengaruh saat ini, membuat BPJS Kesehatan Cabang Palembang berinisiatif untuk mengumpulkan komunitas yang ada di Kota Palembang dan untuk meninkatkan engagement peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dilakukan kegiatan Temu Peserta JKN dengan tema Sinergi Program JKN Bersama Komunitas Palembang Runners (05/06/2023), kemarin.

Ditemui di tempat berbeda Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang, Sari Quratulainy mengatakan bahwa BPJS Kesehatan Palembang sebagai penyelenggara Program JKN berkesempatan bertemu dan bertatap muka secara langsung bersama komunitas lari di Palembang bernama Palembang Runners.

“Kegiatan Sinergi Program JKN ini dihadiri oleh lebih dari 30 orang peserta dari komunitas lari. Selain mendapatkan informasi terkait JKN, pada kesempatan yang sama peserta sosialisasi JKN juga mendapatkan informasi terkait Kesehatan dari seorang praktisi Kesehatan Bernama dr. Mario Joseph Effendi yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya sebagai dokter olahraga,” ujar Sari.

“Selain bermaksud untuk memberikan sosialisasi dan edukasi Program JKN kepada beberapa komunitas yang diundang, ke depan diharapkan bisa bermitra dan berkolaborasi bersama komunitas-komunitas di daerah untuk dapat memberikan edukasi dan awareness kepada masyarakat khususnya peserta JKN,” tambah Sari.

Sari mengajak kepada seluruh peserta sosialisasi baik dari komunitas yang hadir pada kesemapatan tersebut untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN. “Peserta bisa menggunakan Aplikasi Mobile JKN, untuk mengakses berbagai layanan BPJS kesehatan tanpa harus antri di kantor BPJS Kesehatan.

“Layanan seperti mendaftar menjadi peserta, cek riwayat pembayaran iuran, cek tunggakan menyampaikan keluhan dan dapat melakukan perubahan data seperti alamat, faskes, email dan lain-lain,“ katanya.

Sari juga mengungkapkan, pada Mobile JKN juga terdapat fitur KIS digital/kartu digital maka apabila peserta JKN lupa membawa kartu, bisa memperlihatkan kartu digital tersebut, selain itu peserta juga bisa menunjukan E-KTP untuk mendapatkan pelayanan kesehatan bagi peserta JKN aktif.

Kota Palembang yang telah mencapai Universal Health Coverage (UHC) memiliki jumlah cakupan peserta sebanyak 1.742.675 jiwa peserta JKN per 01 Juni 2023, yang terdiri dari berbagai segmen peserta, Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU), Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), Peserta Penerima Bantuan Iuran yang dibiayai oleh Pemerintah baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

Lebih lanjut, Sari mengatakan tahun 2023 adalah tahun mutu layanan artinya peserta adalah pemilik layanan JKN sehingga berhak mendapatkan pelayanan terbaik. Dari data yang ada tercatat sampai dengan 01 Juni 2023 BPJS Kesehatan Cabang Palembang telah bekerja sama dengan 445 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan 46 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Dengan banyaknya Fasilitas Kesehatan yang telah bekerja sama diharapkan mutu layanan dapat di tingkatkan.

Ade selaku perwakilan Komunitas Lari Palembang mengatakan bahwa Palembang Runner merupakan suatu komunitas terdiri dari orang-orang yang hobi sekali dengan olahraga lari. Sebagian besar anggota Palembang Runner merupakan peserta JKN yang terdiri dari beberapa segmen kepesertaan.

“Kami menyambut baik pertemuan sosialisasi JKN ini. Menurutnya, masih banyak teman-teman komunitas yang tidak begitu kenal dengan BPJS Kesehatan. Sosialisasi seperti ini sangat perlu untuk dilanjutkan apalagi banyak kemudahan yang telah diciptakan BPJS Kesehatan seperti Aplikasi Mobile JKN yang memiliki fungsi dan fitur yang sangat membantu dalam pelayanan kesehatan,” ucapnya.

“Akhirnya setelah mendengarkan sosialisasi Program JKN hari ini saya jadi lebih tahu bahwa JKN itu sangat penting dan betapa bermanfaatnya manfaat memiliki Jaminan Kesehatan Nasional,” tutup Ade. (Irwan/Rilis BPJS Kesehatan Cabang Palembang)