Jelang PAT, K3S Lais Gelar Penyusunan Kisi-kisi dan Naskah Soal

Pendidikan653 Dilihat

MUBA, SUMSELJARRAKPOS.COM – Menjelang Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 3, 4, dan 5 pada tanggal 5 Juni 2023 mendatang, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Lais, menggelar Penyusunan Kisi-kisi dan Naskah Soal. Acara tersebut digelar di ruang kelas SD Negeri 1 Teluk Kijing, Senin (15/05/2023).

Ketua Panitia Pelaksana Rusmin SPd mengatakan, bahwa hari ini pihaknya bersama para dewan guru tingkat sekolah dasar se Kecamatan Lais, bersama-sama menyusun kisi-kisi serta naskah soal.

“Acara ini berlangsung selama 5 hari, yang dimulai dari hari ini tanggal 15 Mei hingga 20 Mei 2023 mendatang. Dalam penyusunan ini, setidaknya kurang lebih ada 60 orang guru perwakilan dari sekolah masing-masing yang terdiri dari 40 sekolah dasar yang ada di Kecamatan Lais,” ungkap Rusmin yang juga kepala SD Negeri Talang Ucin ini.

“Lokasi sendiri setiap tahun memang sengaja kita gelar pindah-pindah sekolah. Seperti tahun kemarin kita gelar di SD Negeri 2 Teluk, tahun ini kita gelar di SD Negeri 1 Teluk Kijing. Hal itu kita lakukan agar seluruh guru dan kepala sekolah benar-benar tau lokasi seluruh sekolah yang ada di Kecamatan Lais. Sementara untuk tahun depan akan kita musyawarahkan melalui rapat K3S,” sambungnya.

Untuk kelas 3, kata dia, hanya terdiri dari 7 mata pelajaran, sedangkan untuk kelas 4 dan 5 terdiri dari 9 mata pelajaran.

Selain itu, ia juga berharap kepada para guru agar tetap berkomitmen dalam penyusunan kisi-kisi dan naskah soal selalu mengedepankan profesionalitas dalam bekerja.

“Tentunya kami berharap kepada para dewan guru yang ikut serta dalam menyusun kisi-kisi dan naskah soal ini untuk bekerja sebaik mungkin dan membuat soal yang benar-benar bisa dicernah oleh anak didik dan mengacu pada pelajaran yang telah dipelajari para siswa sebelumnya,” katanya.

Sementara itu, Ketua K3S Lais Suharto SPd berharap kepada seluruh kepala sekolah dasar di Kecamatan Lais untuk terus meningkatkan sinergitas antara sesama kepala sekolah agar terwujudnya kerjasama yang baik.

“Kegiatan ini tentunya selain untuk kepentingan bersama, juga untuk mempererat tali silaturahmi antara guru dan kepala sekolah. Maka itu, saya berharap kita tetap solid demi memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Musi Banyuasin,” harapnya.

Ditempat yang sama, Kordinator Wilayah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Lais Suharli SPd menghimbau kepada seluruh kepala sekolah, baik tingkat PAUD, hingga tingkat SMP untuk terus mendidik anak didik sesuai dengan SOP yang berlaku.

“Saya menghimbau kepada seluruh kepala sekolah untuk mendidik anak sesuai dengan aturan yang berlaku. Mari bersama-sama kita mencerdaskan anak didik karena mereka merupakan generasi penerus bangsa ini untuk membawa negeri ini dikemudian hari,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Lais Suharli SPd, Pengawas Kecamatan Lais Rohkmat Sutoyo MPd, beberapa kepala sekolah dasar, dan perwakilan dewan guru setiap sekolah. (Irwan)