Polres Pali Amankan Deklarasi Kampanye Damai

Daerah, Pali439 Dilihat

PALI, SUMSELJARRAKPOS – Polres PALI mengamankan kegiatan Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pali 2024, yang berlangsung di Stadion Gelora November pada 24 September 2024.

Pengamanan dilakukan oleh personel Polres Pali dalam rangka Operasi Mantap Praja Musi 2024, sesuai dengan Surat Perintah Nomor 867/IX/OPS.1.3/2024, yang diterbitkan pada 23 September 2024.

Kapolres PALI, AKBP Khairu Nasrudin, S.I.K, MH, didampingi Wakapolres PALI, Kompol Dedi Rahmat Hidayat, SH, menyatakan bahwa Deklarasi Kampanye Damai merupakan kesepakatan bersama seluruh pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Pali. Menurutnya, ini penting dalam kehidupan demokrasi, mengingat tahapan kampanye akan dilaksanakan dari 25 September hingga 23 November 2024.

Kapolres PALI berharap agar sebelum jadwal kampanye yang ditetapkan oleh KPU, tidak ada Paslon yang melakukan kampanye lebih awal. Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak menyebarkan berita hoaks yang berkaitan dengan isu SARA, ras, maupun suku menjelang Pilkada 2024, karena dapat memicu bentrok antar pendukung.

“Memasuki tahun politik, ada kemungkinan oknum memanfaatkan situasi untuk kepentingan pribadi atau kelompok, yang bisa menimbulkan chaos di kemudian hari,” ujarnya.

Kegiatan Deklarasi Kampanye Damai dihadiri oleh Ketua KPU PALI, Bupati PALI, Bawaslu PALI, serta keempat pasangan calon bupati dan pendukung masing-masing Paslon. Kegiatan ini berlangsung aman dan kondusif tanpa gangguan Kamtibmas.

Sebelum pelaksanaan, diadakan apel persiapan pengamanan deklarasi damai yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Pali, AKP Biladi Ostin, S.Kom., SH., MH, diikuti oleh perwira Polres Pali dan personel yang terlibat dalam pengamanan.